Senin, 09 Oktober 2017

Download Tabel Baja SNI



Selamat datang di artikel saya yang berjudul Download Tabel Baja SNI. Tahukah anda apa itu tabel baja SNI? Mari kita pelajari secara langsung, dalam industri baja, tentu ada standarisasi tentang produk yang dijual di industri berkaitan. Dalam hal ini SNI atau standar nasional indonesia yang berhubungan dengan departemen perindustrian (Depperin) memperluas penerapan regulasi Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib untuk produk baja. Regulasi wajib itu akan diperluas untuk produk baja lembaran dan gulungan lapis paduan aluminium seng (BjLS) serta baja lembaran, pelat, dan gulungan canai panas (BjP). Perluasan SNI wajib itu diatur dalam Peraturan Menteri Perindustrian (Permenperin) No 39/M-IND/PER/3/2009. Dalam peraturan itu disebutkan, produk baja lembaran dan gulungan lapis paduan aluminium seng (BjLAS) diwajibkan memenuhi SNI.

Sedangkan penambahan SNI wajib baja lembaran, pelat, dan gulungan canai panas (BjP) diatur dalam Permenperin No 38/M-IND/PER/3/2009. Dalam peraturan itu disebutkan, BjP merupakan baja lembaran dan gulungan yang dibuat dari baja berbentuk slab yang dilakukan melalui tahapan proses canai panas di atas temperatur rekristalisasi. SNI wajib baja lembaran, pelat, dan gulungan canai panas dikecualikan bagi BjP yang memiliki spesifikasi tertentu, yakni digunakan sebagai bahan baku. Baja lembaran, pelat, dan gulungan canai panas akan diberi nomor SNI 07-0601-2006,". BjP yang diatur dalam SNI wajib meliputi nomor HS 7208.25.10.00 sampai 7211.19.90.00. Sedangkan BjLAS yang dikenakan SNI wajib meliputi nomor HS 7210.61.10.00 sampai 7212.50.20.10. "SNI untuk produk BjLAS diberi nomor 4096.2007,". Regulasi SNI wajib, dikecualikan bagi BjLAS yang dipergunakan sebagai bahan baku. Ketentuan tentang standar itu digunakan untuk melindungi industri baja lokal dari maraknya peredaran produk ilegal yang mutunya rendah.

Pada Januari 2009, Depperin telah mewajibkan regulasi SNI produk baja impor. Dalam Permenperin No 1 dan 2/M-IND/PER/2009, produk baja impor yang wajib memiliki SNI antara lain baja lembaran, pelat, dan gulungan canai panas dari pos tarif 7208.25.10.00 sampai 7211.19.90.00. Dengan peraturan yang baru, produk baja yang dikenakan SNI wajib bertambah. Produk baja impor yang memasuki daerah pabean Indonesia wajib memenuhi ketentuan SNI dengan dibuktikan dengan SPPT SNI. Bila tidak, baja yang tidak memenuhi SNI akan direekspor atau dimusnahkan. Peraturan Menteri Perindustrian Nomer 36/M-Ind/Per/2014  Tentang Pemberlakuan SNI Baja Lembaran, Pelat dan Gulungan Canai Panas Secara Wajib, berlaku sejak ditanda tangani  tanggal  21 Mei 2014 SNI 07-0601-2006 Baja Lembaran, Pelat dan Gulungan Canai Panas terkena pemberlakuan SNI Wajib meliputi  nomor pos tarif / No HS ( HS Code ). Yang dimaksud Baja Lembaran, Pelat dan Gulungan Canai Panas ( BjP ) merupakan baja lembaran dan gulungan yang dibuat dari baja berbentuk Slab melalui proses canai panas diatas temperature rekristalisasi dengan ruang lingkup, jenis dan spesifikasi sebagai berikut:
  1. Jenis dan sifat penggunaan Commercial Quality, Drawing Quality, Deep Drawing Quality dan Baja Struktural ( SS400 ).
  2. Jenis baja karbon rendah ( low carbon ) untuk jenis baja lunak ( mild steel ) atau baja structural dengan kandungan karbon ( C ) maksimum 0,25 %.
  3. Sifat mekanis dengan kuat Tarik minimum 27,5 kg/mm2 ( 270 N/mm2 ) untuk baja lunak dan kuat Tarik antara 400 N/mm2 sampai dengan 510 N/mm2 untuk baja structural.
  4. Memiliki permukaan polos dan tidak dikerjakan lebih lanjut selain canai panas.
  5. Memiliki ketebalan nominal 1,8 mm sampai dengan 25 mm.
Pemberlakuan SNI Wajib ini tidak berlaku bagi :
  1. Baja Lembaran, Pelat dan Gulungan Canai Panas memiliki ukuran tebal kurang dari 1,8 mm atau nominal lebih besar 25 mm.
  2. Produk sejenis yang memiliki standar sendiri dengan ruang lingkup, simbul, klasifikasi dan atau syarat mutu yang berbeda dengan SNI 07-0601-2006 Baja Lembaran, Pelat dan Gulungan Canai Panas.
  3. Keperluan Khusus yaitu :
    • Keperluan bahan baku:
      • Industri otomotif, elektronika ( peralatan listrik konsumsi ) beserta komponennya.
      • Industri kecil yang memiliki lingkup industry pengerjaan logam
      • Produk tujuan ekspor keluar wilayah Indonesia.
    • Hibah dari Negara asing dan bukan merupakan pinjaman ( loan ).
    • Barang contoh untuk keperluan riset dan pengembangan produk
    • Contoh uji SPPT SNI.
Di atas tadi adalah sekelumit permasalahan tentang SNI baja, tabel SNI memang sengaja dibuat untuk pengontrolan dan standari sasi, serta mencegah peroduk baja lain masuk ke indonesia. Maka dari itu tabel baja SNI penting untuk mencegah produksi baja yang tidak sejalan atau produk baja yang tidak sesuai dari SNI atau standar yang telah diterapkan. Itulah pengertian tentang download tabel baja sni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar