Minggu, 24 September 2017

Tali Baja




Tali Baja, Seling Baja atau biasa disebut Wire Rope adalah merupakan tali yang terbuat dari kawat baja atau Wire Rod. Tali Baja memiliki berbagai kegunaan, biasanya Tali Baja digunakan dalam industri automotive, elektronik, alat-alat rumah tangga, dan perlengkapan perkantoran. Berdasarkan konstruksi Tali Baja itu sendiri, terdiri dari beberapa WIRE yang dipilin membentuk STRAND, lalu beberapa STRAND tersebut dipilin lagi, guna mengelilingi CORE untuk membentuk Tali Baja. Ambil contoh Tali Baja ukuran 6 x 37, yang  terdiri dari 6 strand yang mengelilingi 1 core dimana masing masing strand terdiri dari 37 wire. Semakin banyak jumlah wire didalam strand membuat ukuran individual wire lebih kecil sehingga Tali Baja bisa lebih flexible, sebaliknya semakin sedikit jumlah wire di dalam strand membuat ukuran wire menjadi lebih besar sehingga Tali Baja menjadi lebih kaku.
Tali Baja dibuat flexible, agar Tali Baja tersebut mempunyai daya tahan terhadap tekukan yang baik sehingga cocok digunakan pada crane. Wire rope dengan ukuran individual wire yang besar dapat mempunyai ketahanan terhadap gesekan yang baik.
Core pada wire rope umumnya terdiri dari 3 bahan:
Fiber Core (FC)        tali plastic.
Hemp Core (HC)     tali manila.
Wire Core (IWRC) – kawat baja.
Saat ini kebanyakan Tali Baja yang beredar dipasaran adalah Tali Baja yang berasal dari negara: RRT dan Korea. Tali Baja yang berasal dari Negara Korea biasanya menawarkan kualitas Tali Baja yang lebih tinggi dan konsisten. Bila diamati Putaran dalam Tali Baja menunjukkan arah strand wire rope diputar mengelilingi Core. Wire rope strand yang diputar searah jarum jam disebut Putaran Kanan atau Right Hand Regular Lay disingkat. Sebaliknya strand yang diputar berlawanan arah jarum jam disebut Putaran Kiri atau Left Hand Regular Lay. Untuk membedakan, jenis wire rope Putaran Kanan jika dilihat secara vertikal, sudut pada strand akan membentuk huruf “Z”, sedangkan jenis wire rope Putaran Kiri, jika dilihat secara vertikal akan membentuk huruf “S”. terdapat beberapa grade pada Tali Baja, Setiap grade memberikan kombinasi tensile strength, kekerasan, ketahanan terhadap gesekan dan tekukan yang berbeda. Standard industri yang banyak digunakan untuk menentukan grade pada Tali Baja adalah A.P.I (American Petroleum Institute) dan JIS (Japan Industrial Standard). Lalu Tali Baja juga memerlukan “Lubrikasi” pada wire rope. Lubrikasi ini berguna untuk mencegah karat dan mengurangi gesekan antar strand dan wire didalam Tali Baja sehingga dapat memperpanjang atau menambah ketahanan pada Tali Baja.

Terdapat empat jenis lubrikasi pada Tali Baja, yaitu:
Dry: tanpa gemuk hanya dilapisi minyak ringan dibagian dalam core dan strand.
A: Gemuk ringan, warna coklat kekuningan biasa diaplikasikan pada wire rope galvanis.
B: Gemuk hitam.
C: Gemuk hitam pekat, memberi proteksi yang baik terhadap karat. Ideal digunakan di laut, konstruksi, dan logging.
Masuk pada Harga Tali Baja atau wire rope sangat bervariasi, mulai dari Tali Baja yang paling murah sampai Tali Baja yang paling mahal. Jika anda membeli Tali Baja berkualitas dari Negara Korea, Negara Jepang, atau salah satu Negara dari Benua Eropa, pastikan Tali Baja yang  anda beli, tiba secara lengkap dengan ID tape nya. Hal ini dimaksudkan untuk  mengecek atau memastikan Tali Baja yang anda terima benar benar Tali Baja yang asli.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar