Rabu, 06 Desember 2017

Gambar Jaringan Listrik Tegangan Menengah

Pernahkah anda melihat gambar jaringan listrik tegangan menengah?. Saya menyebutkan hal itu karena hal itu adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas sistem kelistrikan. Lebih tepatnya adalah kondisi dari konstruksi pada Jaringan distribusi tenaga listrik yang meliputi Jaringan listrik Tegangan Menengah (JTM), Gardu Distribusi, Jaringan Tegangan Rendah (JTR) dan Sambungan Tenaga Listrik (Rumah/Pelayanan). Dalam pelaksanaan konstruksi Jaringan DistribusiTenaga Listrik, sebagian unit pelaksana Jaringan Tenaga Listrik yang disusun secara sendiri ‐ sendiri, hal ini mengakibatkan timbulnya beberapa standar yang berbeda dibeberapa tempat dikarenakan perbedaan sistim dan konsultan serta pelaksana konstruksi tersebut terdapat keberagaman baik dalam kriteria desain maupun model dan struktur konstruksinya yang disesuaikan dengan kondisi sistim kelistrikan setempat.

Selain itu secara teknis ada yang tidak lengkap, tidak konsisten dalam penerapannya dan belum seluruhnya disesuaikan dengan perkembangan teknologi dan tuntutan pelayanan. Saat ini dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan sistim distribusi pada unit unit PLN di hampir seluruh wilayah Indonesia mengacu pada salah satu standar engineering yang ada pada pengelolaan /standard PLN pada Distribusi Jawa Bali. Oleh Karena itu, perlu dibuat suatu standar konstruksi yang baik dengan kriteria desain yang sama dan mempertimbangkan perbedaan sistim, perkembangan teknologi serta tuntutan pelayanan. Kriteria disain standar konstruksi ini akan menjadi dasar. Standar Konstruksi Jaringan Distribusi yang akan disusun direncanakan dapat ditetapkanuntuk digunakan sebagai tipikal pedoman konstruksi.

Penggunaan system Tegangan Menengah sebagai jaringan utama adalah upaya utama menghindarkan rugi rugi penyaluran (losses) dengan kwalita spersyaratan tegangan yangharus dipenuhi Dengan ditetapkannya standar Tegangan Menengah sebagai teganganoperasi yang digunakan di Indonesia adalah 20 kV, konstruksi JTM wajib memenuhi kriteria enjinering keamanan ketenaga listrikan, termasuk didalamnya adalah jarak aman minimalantara Fase dengan lingkungan dan antara Fase dengan tanah, bila jaringan tersebut menggunakan Saluran Udara atau ketahanan Isolasi listrik jika menggunakan Kabel Udara PilinTegangan Menengah atau Kabel Bawah Tanah Tegangan Menengah serta kemudahan dalam hal pengoperasian atau pemeliharaan.

Lingkup Jaringan Tegangan Menengah pada systemdistribusi di Indonesia dimulai dari terminal keluar (out going) pemutus tenaga daritransformator penurun tegangan Gardu Induk atau transformator penaik tegangan pada Pembangkit untuk system distribusi skala kecil, hingga peralatan pemisah/proteksi sisi masuk (in-coming). Untuk lebih memahamkan anda tentang jaringan listrik tegangan menengah, dan juga konstruksi jaringan listrik tegangan menengah, saya akan melampirkan gambar jaringan listrik tegangan menengah sebagai suatu acuan konstruksi bagi pembuatan tiang jaringan listrik tegangan menengah. Seperti yang anda sering lihat bahwa tiang listrik memiliki berbagai bentuk, dan kegunaan. Di bawah ini adalah salah satu contoh gambar jaringan listrik tegangan menengah.






Konstruksi Jaringan Distribusi Tegangan Menegah merupakan rangkaian komponen yang terpasang membentuk satu kesatuan dalam konstruksi JTM.Komponen jaringan distribusi adalah semua material yang terpasang padakonstruksi jaring distribusiMaterial distribusi Saluran Udara Tegangan Menengah ( SUTM ), terdiri dari 2(dua) bagian, yaitu ; material distribusi utama (MDU) dan material pelengkap. Disebut dengan material distribusi utama karena, material tersebut fungsinya sangat penting pada konstruksi , sehingga merupakan bagian yang tidak bisa tergantikan. Sedangkan disebut material pelengkap, karena merupakan bagian pelengkap untuk menunjang pemasangan material distribusi utama pada suatu konstruksi. Sampai disini artikel saya dengan pembahasan jaringan listrik tegangan menengah. Semoga anda paham dengan pembahasan jaringan listrik tegangan menengah. Dan semoga gambar jaringan listrik tegangan menengah yang saya lampirkan, dapat menambah pemahaman anda tentang pembahasan ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar